LAPORAN PENDAHULUAN OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK PDF

LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN OTITIS MEDIA PADA PASIEN DENGAN OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK I. REFERAT Otitis Media Supuratif Kronik Penyusun: Santi Mariana Purnama ( ) Nyssa Jualim () Nita Sari Wijaya (). Bab I Pendahuluan. .. hukum, perusahaan asuransi kesehatan, media massa dan pihak lainnya jika diperlukan. ▫ Mempresentasikan . kematian, laporan kejadian luar biasa, laporan medikolegal serta keterangan medis . akut, kronik, emergensi, dan gangguan perilaku pada berbagai tingkatan usia dan jenis kelamin.

Author: Tojalrajas Arashira
Country: Equatorial Guinea
Language: English (Spanish)
Genre: Science
Published (Last): 28 October 2015
Pages: 227
PDF File Size: 18.47 Mb
ePub File Size: 6.82 Mb
ISBN: 728-5-60515-679-8
Downloads: 1732
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Vojar

Selanjutnya terjadi pengumpulan pus di dalam rongga mastoid sehingga terbentuk abses mastoid. Proyeksi ini menempatkan antrum dalam potongan melintang sehingga dapat menunjukan adanya pembesaran akibat2,3 4. Adanya proses inflamasi menambah nyeri tekan tulang mastoid2. Please help us to share our service with your friends. Metronidazol dapat diberikan pada OMSK aktif dosis mg 3 kali sehari, selama 2 minggu atau mg per 8 jam selama minggu.

Otitis media kronik OMK dikenal sebagai infeksi atau inflamasi persisten dari telinga tengah dan mastoid. Vertigo yang timbul biasanya akibat perubahan tekanan udara yang mendadak atau pada panderita yang sensitif keluhan vertigo dapat terjadi hanya karena perforasi besar membran timpani yang akan menyebabkan labirin lebih mudah terangsang oleh perbedaan suhu. Rusty Hinge would but could someone explain in Lincs terms what “post nasel drip” is?. Menurut Ramalingam bahwa OMSK adalah peradangan kronis lapisan mukoperiosteum dari middle ear cleft sehingga menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan patologis yang ireversibel2,4.

Pada OMSK keluhan nyeri dapat karena terbendungnya drainase pus. Lapsus – Abses Hepar Documents.

Dizziness Headaches Nausea Fatigue Hurts Mucus Blood Throat

Dengan tindakan operasi ini dilakukan pembersihan ruangan mastoid dari jaringan patologik. Sekret bervariasi dari mukoid sampai mukopurulen. Djaafar dan Gitowirjono menggunakan antibiotik topikal sesudah irigasi sekret profus dengan hasil cukup memuaskan, kecuali kasus dengan jaringan patologis yang menetap pada telinga tengah dan kavum mastoid.

  DVOBOJ ORLOVA PDF

Untuk abses otak, MRI lebih unggul. Increase in the incidence and complications. Dengan terdapatnya cholesteatoma, mediator diaktifkan dari matriks, atau tekanan dari cholesteatoma itu sendiri, dapat menyebabkan osteolisis dan spuuratif labirin.

You can keep yourself hydrated with fungal. Pada OMSK tipe jinak, cairan yang keluar mukopus yang tidak berbau busuk yang sering kali sebagai reaksi iritasi mukosa telinga tengah oleh perforasi membran timpani dan infeksi. Pars flaksida dibatasi oleh 2 lipatan yaitu plika maleolaris anterior lipatan laporna dan plika maleolaris posterior lipatan belakang. Garam faal agar lingkungan bersifat asam sehingga merupakan media yang buruk untuk pertumbuhan kuman.

Selanjutnya, meskipun trombosis sinus lateral biasanya ditemukan pada hidrosefalus otitic, kasus telah dilaporkan tanpa trombosis sinus dural. Otitis Media Suppuratif Kronik OMSK yang berbahaya karena penyebaran proses radang tidak hanya terbatas pada tulang mastoid saja, namun dapat meluas ke tempat lain; posterior ke sinus sigmoid yang dapat menyebabkan thrombosispenyebaran ke posterior mencapai tulang oksipital yang kemudian menyebabkan osteomielitis calvaria atau abses Citelli.

Pada OMSK dengan kolesteatom, sumbatan aditus ad antrum disebabkan oleh adanya kolesteatom di antrum dan sel mastoid. Cholesteatoma dapat menghalangi aditus ad antrum, mencegah terhubungnya dari isi dari mastoid yang terinfeksi dengan ruang telinga tengah dan tuba eustachius.

Allergic rhinitis and asthma were also associated with chronic sinusitis in children p 0. Jarang ditemukan polip yang besar pada liang telinga luar. Tendensi otitis media mendapat komplikasi tergantung pada kelainan patologik organisme dan yang resisten yang menyebabkan kurang efektifnya otore.

Pada mulanya dari jaringan embrional dari epitel skuamous atau dari epitel undiferential yang berubah menjadi epitel skuamous selama perkembangan. Jaringan granulasi atau polip diliang telinga yang berasal dari kavum timpani.

Penyebaran infeksi ke dalam labirin juga akan meyebabkan pendahuluna vertigo. Gentamisin Gentamisisn adalah antibiotika derivat aminoflikosida dengan spektrum yang luas dan aktif untuk melawan organisme Gram positif dan negatif.

REFERAT OMSK – Free Download PDF

Diagnosis Diagnosis hidrosefalus otitic membutuhkan tingkat kecurigaan yang tinggi untuk mengenali gejala sugestif.

  ALI CRONIN SKINS PDF

Otitis media akut OMA dan komplikasinya leboh sering terjadi pada anak kecil, sedangkan komplikasi sekunder untuk otitis media kronis dengan atau tanpa klesteatoma lebih sering terjadi pada anak yang lebih tua dan dewasa.

Tetapi bila infeksi mengarah ke dalam, ke tulang temporal, maka akan menyebabkan paresis nervus fasialis atau labirinitis.

Penyebaran ke anterior pus krnoik melalui aditus ad antrum ke telinga tengah, ke lateral dapat membentuk subperiosteal abses, ke inferior dapat terbentuk Bezold abscess; suatu abses pada bagian belakang insertion muskulus sternocleidomastoideus, dan medial menyebar ke apex petrous menyebabkan petrositis.

Cabang aurikularis saraf vagus masuk ke telinga tengah dari dasarnya. Diagnosis Diagnosis kelumpuhan wajah otogenic dibuat atas dasar klinis. Care Instructions This can happen if an infection builds up inside the ear or if the eardrum gets injured.

Dizziness Headaches Nausea Fatigue Hurts Mucus Blood Throat – Choice Ear Kudalaut

Pembentukan kolesteatom ini akan menekan tulang-tulang di sekitarnya sehingga mengakibatkan terjadinya destruksi tulang, yang ditandai dengan sekret yang kental dan berbau. Korda timpani kemudian bergabung dengan saraf lingua1is dan menghantarkan serabut-serabut sekretomotorik ke ganglion submandibularis dan serabut-serabut pengecap dari dua pertiga anterior lidah. Prinsip pengobatan pasien OMSK benigna tenang adalah tidak memerlukan pengobatan, dan dinasehatkan untuk jangan mengorek telinga, air jangan masuk ke telinga sewaktu mandi, dilarang berenang dan segera berobat bila menderita infeksi saluran nafas atas.

Perkembangan klinis yang terlihat pada pasien ini terjadi dalam tiga tahap. Reference of Secretory otitis media inner ear infection, they will go to the persistent anxiety to cause otomycosis ear infection.